Kadas

Sabtu, 25 September 2010

Penyakit kadas ini hampir seperti panu tetapi lebih sakit dan gatal, bahkan sampai kemerah-merahan. Penyakit ini tidak mau dikompromi kalau sudah gatal-gatal, bisanya pederita ingin segera menggaruk-garuk untuk mrngurangi gatal-gatal.
 Perlu diperhatikan :
a) Jangan digaruk-garuk atau dikerik karena mudah sekali infeksi.
b) Jangan pinjam meminjam pakaianh kepada penderita penyakit kadas.
c) Lingkungan harus bersih dan terkena sinar matahari.
d) Jangan mandi di kali atau pemandian umum yang airnya tercemar.
e) Usahakan makan makanan yang sehat dan bergizi.
 Pengobatannya :

a) Laos yang masih segar diiris-iris untuk menggosok-gosok sampai hilang rasa gatal tersebut.
b) Belerang ditumbuk halus ditambah dengan sedikit minyak kelapa, gosokkan pagi dan sore secara teratur sampai sembuh betul.
c) Ambillah daun nongko londo (srikoyo) beberapa lembar, tumbuk sampai halus dicampur dengan air kapur sirih. Gosokkan dimana yang sakit terutama pada malam hari. Lakukan berulang-ulang.
d) Ambillan brotowali panjang 5 cm / 6 cm, belerang dan minyak kelapa secukupnya. Lembutkan diaduk sampai rata dapat digunakan untuk mengobati dengan digosokkan / dioleskan berulang-ulang.
e) Brotowali secukupnya dirubus dengan air yang bersih, setelah mendidih didinginkan dapat diminum sabagai obat, supaya tidak terlalu pahit dapat ditambah dengan madu.
f) Daun randu yang masih muda kita bersihkan ditumbuk sampai halus dapat ditambah dengan sedikit garam, dioleskan berulang-ulang sampai rata.
 Perlu diingat :
Kkerjakan berulang-ulang pagi dan sore, karena penyakit ini harus telaten dan menghendaki perewatan yang berkesinambungan.




Baca juga artikel dibawah ini

Next Prev