Mengunci dan Menyembunyikan Rumus di MS Excel

Jumat, 23 September 2011

Pada saat menggunakan MS Excel, kita sering memakai rumus-rumus tertentu untuk memudahkan dalam penghitungan. Rumus-rumus yang kita buat tersebut secara default akan tampak pada menu bar fungsi. Dengan demikian bisa dilihat dan dipelajari oleh orang lain. Agar tidak bisa dilihat dan tidak bisa dirubah, rumus-rumus tersebut harus disembunyikan dan dikunci. Sehingga apabila ada orang lain yang mau mengubah rumus pada cell tertentu maka tidak akan bisa melakukan perubahan, karena cell tersebut telah dikunci dengan menggunakan password.

Untuk menyembunyikan dan mengunci rumus di excel dapat diikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini :
  1. Secara default seluruh cell dalam lembar kerja excel dalam kondisi terkunci atau locked. Untuk itu pilih semua cell dengan cara tekan Ctrl + A pada keyboard. Setelah itu tekan Ctrl + 1 untuk membuka jendela Custom lists.
  2. Pada jendela custom lists klik pada tab Protection. Kemudian hilangkan tanda centang pada Locked. Dan Klik OK. Dari sini semua cell sudah tidak terkunci.
  3. Blok cell yang terdapat rumusnya ( atau sesuai keinginan )
  4. Buka kembali jendela Custom Lists dan pilih Tab Protection.
  5. Beri tanda centang atau aktifkan Locked dan hidden kemudian klik OK
  6. Pada menu Home, klik Format dan pilih Protect Sheet
  7. Pada jendela yang muncul aktifkan atau beri tanda centang pada pilihan yang mau di kunci di allow all users of this worksheet to :
  8. Pada password to unprotect sheet, masukkan password anda dan klik OK
  9. Muncul confirm password, masukkan lagi password anda. Klik OK
  10. Simpan data anda dengan menekan tombol Ctrl + S.
  11. Untuk membuka kunci atau unprotect sheet bisa dilakukan pada Format kemudian pilih Unprotect Sheet dan masukkan password anda.

Sekarang data dan rumus anda telah terkunci dan terhidden



Baca juga artikel dibawah ini

Next Prev