Mengatur Potrait dan Lanscape Dalam Satu File

Jumat, 23 September 2011

Hai Teman Blogger semua…. kali ini saya ingin berbagi cara yang sangat mudah yang sering kita butuhkan jika kita bekerja pada format dokumen kerja, khususnya jika anda menggunakan program Microsoft Word, apakah itu Word 2007 atau versi di bawahnya, pada prinsip kerjanya sama saja. Nah pada kesempatan kali ini saya menggunakan Microsoft Word 2007 untuk membuat Orientasi atau halaman Landscape atau Memanjang/Tidur, atau Portrait atau tegak/ vertikal, tapi di dalam satu dokumen yang sama yang terdiri dari beberapa lembar.

Nah untuk melakukannya caranya sangat gampang sekali, coba anda ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Buka dokumen yang ingin anda ganti orientasi halamanya.


Belajar word 2007
2. Jika dokumen anda hanya satu lembar, dan anda ingin memisahkan satu paragraf tertentu dari dokumen anda ke halaman yang baru, em… letakkan “kursor” teks editor anda di awal paragraf yang ingin dipisahkan ke halaman yang baru, kemudian tekan tombol Ctrl + Enter.

Belajar word 2007
3. Selanjutnya, letakan kursor di awal halaman yang ingin anda rubah orientasinya, misalnya halaman ke 2 ingin diganti menjadi landscape atau mendatar, kemudian klik tab menu Page Layout > Breaks > Continuous, fitur menu ini digunakan untuk memisahkan Section atau bagian dalam satu dokumen agar bisa dibuat format halaman yang berbeda dari satu halaman dengan yang lainnya.

Belajar Word 2007
4. Klik dua kali pada bagian margin atas halaman ke 2 (halaman yang ingin diganti orientasinya) hingga header dan footer aktif, dan anda sekarang dapat melihat halaman 1 dan 2 sudah mempunya section atau bagian yang berbeda. Nah selanjutnya supaya perubahan orientasi halaman ke 2 tidak mempengaruhi halaman ke 1, maka kita harus mematikan fitur menu Link, klik sekali tombol fitur ini untuk menonaktifkannya.
Belajar Word 2007
Belajar Word 2007
5. Ok…. dan langkah yang terakhir klik tab menu Page Layout > Landscape > Landscape, dan lihat hasilnya….. Jadi Deh….. :) . Mudahkan pake Word 2007.. :)
Belajar Word 2007
Belajar Word 2007
6. Oke Selanjutnya tinggal Praktek….Praktek dan Praktek…. Belajar komputer tampa praktek NoL BEsar…hi.hi….
MySpace
7. Kurang jelas….. boleh kok kontak kita di FB :) …..


Baca juga artikel dibawah ini

Next Prev