GRAPHIC EFFECT SPUYER TERHADAP KINERJA KARBURATOR
korek motor
Beberapa orang kadang berpikir menyetel karburator adalah pekerjaan
yang sangat gampang. Ganti jet-nya setingkat atau dua tingkat, meniru
setelan karburator orang lain yang sudah ketemu dan BOMM!! Mesin motor
melaju kencang. Hmmm… mungkin iya pada mesin standard ataupun mengalami
modifikasi ringan. Tapi untuk balap, tidak terdengar semudah itu. Ada
banyak kombinasi dari setingan idle jet, needle jet, posisi clip, main
jet, power jet, level bahan-bakar (set up pelampung), dan lain-lain dan
sebagainya. Ada setidaknya menurut perhitungan statistika, sekitar
13,860,000 kombinasi jeting dalam sebuah karburator hehehehe… jika mau
bermain karburator setidaknya siapkan mental, waktu dan tenaga untuk
menyelaraskan semua kinerjanya. Disini kami ingin membantu dengan
sedikit pengetahuan dasar dan penyetelan karburator untuk mempermudah
teman-teman dalam menemukan fine tuning, bisa diaplikasi untuk menyetel
ulang karburator yang udah pada modif mesin.
KARBURATOR VENTURI
Perhatikanlah muka karburator, dan kamu akan menyadari karburator
hanyalah sebuah lubang besar dari satu tempat ke tempat lain, ini
dinamakan venturi. Udara masuk ke dalam mesin melalui lubang ini
(venturi). Sebagaimana kecepatan udara memasuki karburator meningkat,
tekanannya justru menurun, yang kemudian menimbulkan kevakuman di area
venturi. Kevakuman ini bergerak seiring bukaan skep (throttle), dan
menghisap bahan-bakar melalui jet yang berbeda-beda di sistem
karburator. Udara dengan bahan-bakar akan bercampur di area venturi.
Dimana posisi jet ditempatkan dan pengeluarannya pada venturi
menghasilkan kontrol terhadap respon bukaan gas. Sistem langsam ( pilot
jet, dan setelan skrup udara) mengontrol hingga bukaan skep 25 %. Jarum
skep, posisi clip dan nozzle karburator mengontrol dari 15 % bukaan gas
hingga 80 %. Main jet mengontrol bukaan gas penuh atau berefek mulai
dari bukaan gas diatas 60 %. Namun ada hal yang harus diingat dalam
menyetel karburator, kesemua bagian adalah interconnected (terhubung
satu dengan lain) sehingga penggantian sebuah part akan mempengaruhi
kinerja sistem lainnya. Bekerja hati-hati, dan teliti adalah kuncinya.
CARB TUNING
SET UP KARBURATOR
1. Untuk bukaan gas dari kondisi tertutup hingga seperempat bukaan skep
1. Ganti pilot jet / idle jet untuk mengatur campuran
2. Setel ulang skrup udara untuk penyempurnaan aturan ( 1 ½ hingga 2 putaran keluar dari posisi menutup penuh)
2. Dari posisi seperempat bukaan hingga sepertiga bukaan gas
1. Setel posisi klip jarum skep
2. Ganti tipe jarum skep
3. Dari posisi sepertiga bukaan gas hingga bukaan penuh
1. Ganti ukuran main jet untuk menyetel campuran udara bahan-bakar
2. Ganti ukuran power jet (jika ada) untuk menyempurnakan campuran udara-bahan bakar
4. Bukaan gas separuh hingga bukaan gas penuh
1. Lakukan penyetelan campuran udara/bahan-bakar dengan penggantian mainjet, jarum skep, atau seting posisi klip jarum skep
2. Lakukan pengecekan (baca) hasil pembakaran untuk melihat apakah setelan sudah tepat atau belum
MIKUNI 36mm
CATATAN SET UP:
1. Dasar penyetelan skrup campuran udara di karburator adalah putar
hingga menutup penuh, lalu buka satu setengah putaran keluar. Jika
mesin masih berjalan dalam kondisi terlalu basah atau kering coba
sedikit setel ulang skrup campuran udara lebih membuka atau menutup.
Jika hal ini tidak dapat terkoreksi dengan beberapa putaran, maka
gantilah pilot jet nya.
2. Jika setelan terlalu basah antara bukaan
gas posisi tertutup hingga terbuka separuh, dan tidak dapat dikoreksi
dengan penyetelan skrup udara, maka ganti pilot jet ke ukuran lebih
kecil.
3. Menjalankan mesin dalam kondisi terlalu basah (campuran
kaya) akan menjadikan mesinmu tidak berlari pada kemampuan terbaiknya,
menjalankan mesin dalam kondisi terlalu kering lebih berbahaya dan akan
merusak komponen mesin seperti piston, liner dan kepala silinder.
Sebaiknya ketika melakukan penyetelan karburator, lakukan dari kondisi
campuran kaya dan lakukan setelan lebih rendah secara bertahap untuk
menemukan setelan pas.
4. Lihat dan baca kondisi busi untuk mempelajari campuran yang dibutuhkan mesin.
• Jika elektroda berwarna hitam, atau basah jelaga; kondisi mesin
terlalu banyak bahan-bakar (campuran kaya). Bahan-bakar yang tak
terbakar menyebabkan kerak mengendap di busi.
• Busi kondisi kering
dan berwarna keabu-abuan, atau bahkan putih kapur. Mesin berjalan dalam
setelan yang terlalu kering, dan berbahaya bagi kondisi mesin. Pakai
jet yang lebih besar untuk mendapatkan setelan yang lebih kaya.
• Warna elektroda kecoklatan dan bersih, maka kamu sudah menemukan setelan terbaik yang dibutuhkan mesin.
Ketika melakukan penggantian main jet lebih besar akan mempengaruhi
performa mesin mulai dari bukaan gas separuh hingga gas penuh (full
throtle). Selalu lakukan penggantian satu-demi satu dan secara bertahap
dan cermati perubahan yang terjadi pada performa mesin sebelum merubah
faktor lainnya.
Jangan menjalankan mesin dalam kondisi campuran
kering (miskin) dalam kondisi terlalu lama yang dapat mengakibatkan
overheating (panas yang berlebihan) dan merusak komponen di dalam mesin.
Penyelesaian beberapa persoalan seting karburator.
Permasalahan : Saat stasioner RPM tidak stabil. Mesin berlari tersendat.
Kondisi setelan : Campuran terlalu miskin
Metoda koreksi :
• Putar setelan skrup udara searah jarum jam (menutup) untuk memperkaya campuran.
• Ganti ukuran pilot jet ke angka yang lebih besar
• Ganti jarum skep ke diameter lebih kecil atau bentuk lebih runcing untuk memperkaya campuran bahan-bakar.
Permasalahan : Saat stasioner keluar asap hitam dari knalpot.
Kondisi setelan : Terlalu basah
Metoda koreksi :
• Putar keluar skrup setelan udara untuk memperbanyak campuran udara masuk
• Ganti pilot jet ke nomor lebih kecil
• Ganti jarum skep dengan model yang lebih gemuk
Permasalahan : Ketika motor dijalankan akselerasi lemah
Kondisi setelan : Kering
Metoda koreksi : Ganti dengan ukuran mainjet lebih besar
Permasalahan : Ketika berakselari motor tersendat-sendat
Kondisi setelan : Basah
Metoda koreksi : Kecilkan ukuran mainjet
Permasalahan : Pada posisi seperempat bukaan gas mesin ngambang dan RPM tidak dapat teriak.
Kondisi setelan : Kering
Metoda koreksi :
• Pakai dimensi jarum skep lebih kurus untuk memperkaya campuran bahan-bakar
• Putar skrep setelan udara searah jarum jam untuk memperkaya campuran
Permasalahan : Gas bukaan penuh, Kecepatan bertambah sangat pelan, mesin terasa datar, dan busi tampak basah kehitaman
Kondisi setelan : Terlalu Kaya
Metoda Koreksi :
• Setel campuran dengan menggunakan main jet lebih kecil, terus check kondisi kepala busi hingga warna terkoreksi
Baca juga artikel dibawah ini