Indahnya Mencintai dan Dicintai

Sabtu, 04 Juni 2011

Kalau kamu mencintai seseorang pasti kamu bakal melakukan apa saja buat menyenangkan orang yang kamu cintai. Kamu ingin membahagiakannya dang a ingin mengecewakannya. Kamu juga ingin bersamanya setiap hari. Dan pasti kamu ga ingin kalian berdua saling melukai kehormahatan dan merusak keindahan cinta yang telah Allah karuniakan kepada kalian.
Tapi, bersatunya dua hati belum tentu tanda seorang telah mendaptkan cinta yang sejati, bias jadi ia tertipu dengan cinta yang didapatkannya. Ada beberapa cinta yang nyat-nyata bukan cinta sejati, yaitu sebagai berikut :

Cinta Fisik
Kamu tertarik dengan lawan jenis cuma karena fisiknya. Missal karena dia ganteng, tinggi, atletis atau para cowok suka sama cewek yang putih seperti salju, tinggi, hidung mancung, ada lesung pipinya dan bodynya secangggih Shakira. Nah itu sebagian tanda  cinta sebatas fisik. Boleh-boleh saja cari psangan hidup yang fisiknya oke, yang ga malu-maluin di bawa kepesta atau kondangan sunatan. Tapi cinta kayak ini ga bakal bertahan lama. Ibarat computer model cinta yang begini bakal segera ke laut begitu ada makhluk laim yang “prosesor”-nya lebih canggih. Madona adalah salah satu perempuan yang ga tahan liat cowok yang keren dan atletis, entah udah berapa cowok yang mampir keatas ranjangnya. Contoh ga enaknya cinta sebatas fisik adalah yang di alami bintang kece Julia Roberts yang penah diputusin ama pacarnya, Kieffer Shuterland karena kalah seksi dibandding cewek yang lain.
“Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka nilahilah yang memiliki agama, niscaya selamat dirimu.” (HR Bhukari)
 
Cinta Matre
“ Ada uang abang saying, ga ada uang abang ditendang”, kata pepatah lama. Jangan sampai deh kamu mencintai atau dicintai seorang karena dia tajir, missal karena mobil si cowok keren, atau suka gonta-ganti Hpnya, royal, suka nraktir, dsb..
Dulu yang kayak gini cuma dilakukan para cewek, makanya Madona sampai nyanyiin lagu Material Girl yang meledak itu. Dan ini ga cuma di alami “rakyat biasa” macam kita, model sekondang Claudia Schiffer saja pernah ditendang oleh pacarnya yang konglomerat, gara-gara doi ga sekaya dirinya. Kalau dulu gelar matre banyak ditujukan pada para cewek kenyataanya kini para cowok juga ga sedikit yang “beremansipasi”, ikut nyari cewek yang tajir. Lumayan buat numpang hidup. Idih kayak benalu aja. Kekayaan itu ga akan pernah memberikan kebahagiaan hakiki. Kebahagiaan hakiki hanya akan didapat dari cinta yang sejati, cinta karena Allah, lagi pula yang paling penting remaj muslim kudu yakin bahwa rezeki ada di tangan Allah. Dia dapat dengan mudah membuat orang menjadi kaya dengan sekaya-kayanya, atau memiskinkan orang semiskin-miskinnya.
“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamb-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (an-Nuur: 32)
Sabda Nabi saw.,
“Tiga golongan yang berhak mendapatkan pertolongan dari Allah; pejuang dijalan Allah, seorang hamba sahaya yang menghendaki kebebesan, dan seorang yang menikah karena menginginkan kesucian.” (HR Tirmizi)

Cinta Buta
Ini bukan cintanya si buta dari gua hantu lho..! tapi orang yang jatuh cinta tanpa pandang bulu; apakah orang yang dicintai itu halal dicintai atau ga. Para muslimah? Kamu ga boleh mencintai cowok yang beragama selain Islam. That’s forbidden love. “…Mereka (para muslimah) tidak halal bagi orang-orang kafir, dan orang-orang kafir tidak halal bagi mereka (muslimah)…” (al-Mumtahanah: 10)

Cinta Nggak Ikut Aturan Syara’ (aturan Agama)
Cinta yang seperti ini yang menghalalkan segala cara, pokokya cinta apapun dilakukan, seperti pacaran dan praktek-praktek mendekati zina lainnya. Pacaran kayak begini memakai prinsip 3T; ta’aruf (saling mengenal), taqarrub (saling mendekat), dan tak tubruk. Mentang-mentang udah saling menyatakan cinta, eh udah merasa halal aja tuh. Boleh dielus, dipeluk, dan dibanting (memang smackdown..!).
Semoga kita ga jatuh cinta karena itu semua, memang sih cinta itu bisa karena masalah fisik, tajir, keren, dll.. tapi itu semua adalah cinta yang sama sekali  ga hakiki, cinta yang tumbuh dari fisik belaka tak akan bertahan lama. Ibarat batang korek api, terangnya nyala api cuma akan terjadi pada awalnya saja untuk kemudian padam dan menyisalan kayu yang terbakar menghitam.


Baca juga artikel dibawah ini

Next Prev