Tips Aman Modif Motor Harian

Jumat, 21 Desember 2012

Buat agan agan yang suka modifikasi motornya, tapi masih buat harian! jangan asal menggunakan aksesoris karena aksesoris yg kurang baik justru dapat membuat kerusakan pada motor tersebut, berbeda dengan motor modifikasi yg memang dikhususkan untuk keperluan kontes atau show off, berikut beberapa aksesoris yg perlu diperhatikan saat akan diaplikasikan pada motor kesayangan

1.  memasang full fairing pada motor yg kodratnya adalah naked bike, memasang full fairing memang sah sah saja tapi untuk motor harian, fairing akan menghambat proses sirkulasi udara pendingin mesin sehingga pada saat mesin motor panas, udara panas yg harusnya dikeluarkan mesin menjadi tertutup oleh fairing dan dapat menyebabkan mesin overheat samapai piston meleleh, walaupun jarang terjadi tapi lebih baik jangan memasang fairing atau bila sangan ingin ber”baju” silahkan pasang ‘oil cooler’ lumayan juga dapat mendinginkan mesin, yg penting jangan pasang oil cooler yg abal abal saja.



2. mengaplikasikan monoshock pada motor yg kodratnya streo shock,  kasus ini sering dijumpai pada motor sport, walau bebekpun ada yg “maksa” jadi monoshock, untuk motor harian sangat tdk disarankan menggunakan monoshock, karena biasanya para modifikator jarang memperhitungkan sudut kemiringan monoshoknya, sehingga saat digunakan akan terasa tidak semaksimal motor yg aslinya sudah monoshock, saat tikungan akan terasa goyang dan pada pemakaian tertentu monoshock rawan patah pada dudukan monoshock yg di LAS ke sub frame, ini pernah terjadi di tiger teman saya, dan sekarang dia sudah memakai streo shock lagi.


3. memasang aksesoris kelistrikan yg berlebihan, seperti misalnya memasang lampu, sirine, strobe, alarm, dll. Selain membuat garansi kelistrikan menjadi hangus, hal tersebut bila saat pemasangan kurang rapi, dapat mengakibatkan kosleting, dan dampak lainnya aki akan cepat drop.



4. mengelas aksesoris ke rangka motor, seperti misalnya memasang footstep gantung satria FU  ke motor yg aslinya menggunakan footstep model konvensional, dalam pemasangan pasti akan menggunakan las untuk membuat dudukan footstep ke rangka, hal ini dapat membuat rangka tdk center karena  memuai oleh panas las, selain itu sambungan las lama kelamaan dapat berkarat karena  biasanya hasil las akan mudah terserang korosi, hal tersebut  rawan terjadi patah pada rangka belakang


5. korek mesin, ya sekarang umum motor yg mesinnya sudah di modif hingga mendapatkan tenaga yg diharapkan, tapi hati hati bila belum ngerti mesin, mending serahkan aja ke tuner yg berpengalaman, bisa bisa motormu malah gak ada tenaganya dan jadi boros,sara saya sih mending ganti bagian mesin yg akan di modif dengan komponen variasi, dan part standar simpan saja di rumah, biar kalo udh bosen kebut kebutan bisa distandarin lagi




Baca juga artikel dibawah ini

Next Prev