Musim hujan berkah buat petani, nyebelin bagi bikers alias para
penyemplak motor. Apalagi yang sering melewati daerah rawan banjir
Ngaku aja deh. Siap-siap aja motor dinaekin gerobak kalau gak mau
mogok. Biar motor kamu nggak takut lagi sama air coba simak tips
dibawah ini :
1. Ban Botak Jangan Dipakai Musim hujan begini jangan pake ban botak
Brur! Kalau kedalaman alur kurang dari 2 mm, sebaiknya ganti. Beli yang
baru dan pilih ban yang kembangannya menyalurkan aliran air keluar.
2. Pake jas hujan model celana Musim hujan begini baiknya bawa selalu jas hujan. Yang bagus model stelan baju-celana bukan model ponco, gak aman bro..
Bahaya kalo model ponco, bisa berkibar-kibar kaya BATMAN mengganggu pengendara lain, dan potensibahaya bagi si pengendara juga besar karena ponconya bisa nyangkut di kendaraan lain.
2. Pake jas hujan model celana Musim hujan begini baiknya bawa selalu jas hujan. Yang bagus model stelan baju-celana bukan model ponco, gak aman bro..
Bahaya kalo model ponco, bisa berkibar-kibar kaya BATMAN mengganggu pengendara lain, dan potensibahaya bagi si pengendara juga besar karena ponconya bisa nyangkut di kendaraan lain.
3. Oleskan tembakau di kaca Helm, Derasnya air hujan menghalangi
pandangan kita. Apalagi kalau helmnya full face. Perbedaan hawa membuat
kaca berembun. Hilangkan embun dengan membuka separuh kaca atau
taburkan tembakau rokok ke seluruh permukaan kaca sampairata dan
bersihkan. Dijamin air tak mengumpul dan embun hilang.
4. Turunkan Tekanan Ban Awas, pas jalan berair karet ban tak sepenuhnya
nempel aspal atau bahasa kerennya Aquaplanning. Triknya, kurangi
tekanan angin ban 3-5 psi.Makin kempis, permukaan yang nempel di aspal
lebih banyak. Dijamin lebih stabil,asal bannya gak botak ya.
5. Nyalakan Lampu DepanSaat hujan turun apalagi jika deras, pandangan
mata kita ke depan menjadi tak jelas. Agar menghindari tabrakan dengan
kendaraan lain nyalakan lampu depan agar pengendara lain tau keberadaan
kita.
Kalau sampai banjir berikut tipsnya :
1. Oleskan Gemuk di Kelistrikan Agar air tak masuk dan membuat
kelistrikan korsleting, olesi kabelatau soket kelistrikan dengan gemuk
atau lilin lebih bagus dengan sealer (lemkaret untuk aquarium) atau
cairan WD 40. WD 40 membuat lapisan lilin tipis sehingga air ogah
nempel. Semprotkan di celah-celah kelistrikan, khususnya yangberarus
positif misalnya Cop Busi,Soket CDI, Penutup Sekring, Relai Starter,
Soket Lampu.
2. Rapikan Selang Pembuangan Bensin Rapikan selang pembuangan bensin di
karburator, jangan menjuntai kebawah, rapikan di tempat yang agak
tinggi. Kenapa? Pasalnya, ketika bensin terisap lewat spuyer, ruang
mangkuk karbu vakum dan menghisap udara lewat selang.Nahkalau jalan
banjir, selang
karburator ini kerap menghisap air.
3. Jangan Menggeber Gas Lewat banjir jangan mainkan atau menggeber gas.
Jaga putaran mesintetap konstan. Jangan sampai turun, sebab air akan
tersedot lewat kenalpotdan membuat mesin mati. Jalankan motor perlahan
pada gigi satu atau dua saja.Jangan ngebut, karena membuat air
bergelombang dan mengenai mesin.Sebelumnya pastikan dulu jalan di depan
tidak banyak hambatan agar motor tidak berhentidi tengah banjir.
Baca juga artikel dibawah ini
Info
- Cara Melindungi Mata dari Radiasi Komputer
- Tips Kurangi Radiasi Ponsel
- Kumpulan Foto Semarang Tempoe Doloe
- 10 Manfaat Gerakan Sholat
- Atasi Motor Mogok Saat Diterpa Hujan
- Hidup Penuh Pilihan
- Tips Untuk Menghapus Kesedihan Hati
- Hati - Hati Upload Foto Ke Internet
- Tiga Kata Sederhana Yang Berdampak Positif
- Ungkapan Hati Seorang Ibu
- Bacalah Jika Kamu Sahabatku
- Ternyata Rokok Tidak Berbahaya
- 50 Fakta Tentang Pria Yang Perlu Diketahui Wanita
- Sepuluh Ciri Wanita Shalehah
- Beruntungnya Seorang Wanita
- Perempuan dipikiran Lelaki
- Situs Edit Foto Online
- 10 Tempat Wisata di Semarang
- Tagihan Listrik dan Telepon Online
- Rahasia Lelaki
- Menciptakan Anak Cerdas
- Tips Agar Rambut Tetap Sehat Dalam Jilbab
- ciri -ciri Tabung Gas Asli
- posting pertama
Otomotif
- Korek Mesin New Megapro
- Mengatasi Rem Cakram Masuk Angin
- Tips Aman Modif Motor Harian
- Modifikasi Megapro
- Rumus Menghitung Ukuran Final Gear Yang Ideal Buat Motor
- Tips Murah Korek RX King
- Agar Motor Injeksi Awet
- Tips Hemat Kampas Kopling Vixion
- Membuat Alarm Motor Sederhana, Murah dan Fungsional
- Modifikasi RX King
- Atasi Motor Mogok Saat Diterpa Hujan
- Tips Merawat Cat Motor
- Tips Mengkorek Mesin Motor 4 Tak
- Tips Korek Mio Harian
- Tips Hemat Meningkatkan Peforma Motor
- Tips Merawat Rantai Motor
- Tips Setting Karburator
- Atasi Rantai Kamrat Berisik
- Tips Memilih Ban Sepeda Motor
- Agar Kopling Motor Tidak Terasa Berat
- Tips Hemat BBM
- Tips Merawat Mio
- Tips Beli Sokbreker
- Tips Bikin Lampu Motor Lebih Terang