Syair Tangisan Ayah Untuk Anaknya

Sabtu, 01 Oktober 2011

Menurut sebuah riwayat menyatakan bahwa:
Ketika orang itu mengatakan bait-bait puisi tersebut, Rasulullah Saw. pun menangis, kemudian beliau bersabda: "Tidak ada satu batu atau penduduk satu kota pun yang mendengar (bait-bait) ini, kecuali mereka akan menangis."

Diriwayatkan dari Jabir bin 'Abdullah bahwa ada seorang yang orang tua yang tidak mendapatkan nafkah dari anaknya, kemudian orang tua itu berkata dengan didengarkan oleh Rasulullah, sehingga beliau mengatakan bahwa harta anaknya adalah harta ayahnya juga. Dan inilah kata-kata (bait puisi) yang dikatakan orang tua itu:

'Aku telah mengurusmu di waktu kecil
dan aku telah membimbingmu di masa muda
(Saat itu) kamu merasa payah dan dahaga
oleh sesuatu yang meyerangmu
Jika malam menimpakan penyakit kepadamu,
maka aku tidak dapat tidur
karena kamu sedang sakit,
aku terus begadang seraya terus berkomat-kamit
Seolah akulah yang tertunduk kepadamu
oleh perintah yang memerintahkanmu untuk tunduk kepadaku
maka kedua mataku pun tidak dapat terpejam
Jiwaku selalu mengkhawatirkanmu akan meninggal
padahal ia tahu bahwa kematian
adalah (sesuatu) yang telah ditentukan waktunya
Ketika kamu menginjak usia
dan batas yang dijadikan ukuran (kedewasaan)
maka aku (pun) tidak lagi mengharapkanmu
Kamu menjadikan kekerasan dan kekasaran
sebagai balasan untuku
seolah kamulah pemberi nikmat yang agung
Ketika kamu tidak memelihara hakku
sebagai seorang ayah
maka aku berharap kamu mau melakukan (sesuatu)
yang dilakukan oleh tetangga yang dekat (terhadapku)
Lalu engkau akan memberikan hakku sebagai tetanggamu
sehingga kamu tidak lagi kikir
dalam memerikan harta miliku (bukan hartamu) kepadaku.'

Rasulullah Saw. Bersabda:
"Berbaktilah (kalian semua) kepada bapak-bapak kalian, (niscaya) anak-anak kalian akan berbakti kepada kalian."

(setiap kali aku membaca syair ini aku ingin meneteskan air mata, tapi apakah kita sudah membahagiakan ayah yang sudah mulai tua itu? ataukah menyengsarakan mereka? keringat menetes untuk sesuap nasi nak! maafkanlah anakmu ayah..... semampuku doa kebaikan akan kuberikan untuk ayah... semoga kita bisa membahagiakan orang tua kita yang tercinta.......


Baca juga artikel dibawah ini

Next Prev