Tips Merawat Rantai Motor

Kamis, 18 Agustus 2011

Setiap pemilik sepeda motor pasti tahu manfaat dan fungsi dari rantai motor. Namun, bagaimana memperlakukan perangkat yang satu in dengan benar bisa jadi hanya sedikit orang yang tahu.

Melumasi motor secara berkala dengan pelumas khusus atau chain lube memang perlu dilakukan agar rantai tetap bekerja dengan baik. namun hal lain yang tidak boleh dilupakan agar performa rantai tetap maksimal adalah:


1.    Menjaga agar rantai tetap terlindung dari segala macam kotoran dan air. Meski beberapa jenis sepeda motor sudah dilengkapi dengan pelindung. Namun kerap ditemui perangkat ini dilepas oleh pemilik dengan alasan agar lebih bergaya. Bagi Anda yang motornya tidak dilengkapi dengan pelindung, ada baiknya untuk mengecek kebersihan rantai sesering mungkin.
2.    Memastikan agar rantai memiliki ketegangan yang cukup, tidak terlalu tegang dan tidak terlalu kendur. Rantai yang disetel terlampau kencang akan memberi beban yang berlebih. Sebaliknya rantai yang disetel terlampau kendur dikhawatirkan akan membuatnya terlepas dari gir dan akan memberikan sentakan yang berlebih saat motor pertama kali dijalankan.
3.    Saat melumasi rantai gunakan sikat yang lembut agar kotoran yang menempel bisa terlepas. Gunakan pelumas khusus untuk jenis motor, apakah itu jenis rantai biasa atau O ring, lakukan langkah ini secaar rutin paling tidak sebulan sekali.
4.    Memastikan agar gir depan dan gir belakang tetap sejajar dengan rantai agar rantai tidak cepat aus. Hal lain yang dapat membuat rantai cepat mengalami keausan adalah gir yang sudah bengkok atau mengalami keausan. Kalau sudah mengalami hal ini gantilah gir dengan baik. Anda pasti tidak mau kalau rantai tiba-tiba putus di jalan bukan?
5.    Meski semua sepeda motor sudah dilengkapi dengan selang untyuki mencegah cairan elektrolit tumpah. Namun tak ada salahnya untuk memastikan lagi cairan tersebut dapat membuat rantai menjadi cepat putus.

Semoga langkah-langkah kecil diatas bisa membantu Anda. Selamat mencoba!

Sumber: kompas



Baca juga artikel dibawah ini

Next Prev