Harga BBM semakin hari semakin melambung, tanpa kita sadari cara berkendara kita berpengaruh pada konsumsi BBM, untuk itu saya akan bagikan sedikit tips agar bisa lebih hemat BBM, langsung saja, cikedot...
- Hindari memanaskan mesin terlalu lama sebelum berkendara. Selama mesin bekerja maka bahan bakar tetap terkirim, sehingga banyak BBM yang terbuang sia-sia.
- Pertahankan kecepatan kendaraan sedapat mungkin sekitar 70 ~ 80 km/jam atau RPM di bawah 3000.
- Hindari kecepatan tinggi yang tidak perlu semakin tinggi kecepatan sebanding dengan tingginya putaran mesin sehingga bahan bakar minyak yang harus dikirimpun semakin besar.
- Sesuaikan gigi percepatan dengan kecepatan kendaraan, gunakan gigi rendah untuk menjalankan kendaraan pertama kali.
Contoh: Gigi 1 Kecepatan 0-20 km/jam
Gigi 2 Kecepatan 20-40 km/jam
Gigi 3 Kecepatan 40-60 km/jam
Gigi 4 Kecepatan 60-90 km/jam
Gigi 5 Kecepatan 90 ~ km/jam - Lakukan akselerasi/penekanan pedal gas secara perlahan (bertahap), jangan melakukan secara tiba-tiba karena dapat mengakibatkan terjadinya penambahan bahan bakar secara berlebihan.
- Hindari muatan yang berlebihan. Untuk membawa beban yang besar dibutuhkan tenaga yang besar yang berarti bahan bakar yang seimbang.
- Matikan mesin saat kendaraan berhenti dalam waktu lama (parkir).
- Aktifkan penyejuk udara (AC) dengan temperatur yang tidak terlalu rendah. Hal ini akan membuat kerja kompresor tidak terlalu lama (atau matikan bila perlu).
- Jangan meletakkan kaki kiri pada pedal kopling saat berkendara atau berkendara dengan setengah kopling. Ini akan mengakibatkan tenaga mesin tidak sepenuhnya tersalurkan untuk menggerakkan kendaraan.
- Gunakan bahan bakar sesuai nilai oktan yang disarankan oleh produsen. Nilai oktan bahan bakar akan menentukan pembakaran yang sempurna, sehingga sangat berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan oleh mesin.
- Gunakan ban dengan kembang dan tekanan angin yang tepat.
Kalau masih pengen lebih hemat lagi, ada satu cara yang paling jitu, nebeng temen aja, hemat dan tidak perlu nyetir,
Baca juga artikel dibawah ini
Otomotif
- Korek Mesin New Megapro
- Mengatasi Rem Cakram Masuk Angin
- Tips Aman Modif Motor Harian
- Modifikasi Megapro
- Rumus Menghitung Ukuran Final Gear Yang Ideal Buat Motor
- Tips Murah Korek RX King
- Agar Motor Injeksi Awet
- Tips Hemat Kampas Kopling Vixion
- Membuat Alarm Motor Sederhana, Murah dan Fungsional
- Modifikasi RX King
- Atasi Motor Mogok Saat Diterpa Hujan
- Tips Merawat Cat Motor
- Tips Aman Naik Motor Hadapi Hujan dan Banjir
- Tips Mengkorek Mesin Motor 4 Tak
- Tips Korek Mio Harian
- Tips Hemat Meningkatkan Peforma Motor
- Tips Merawat Rantai Motor
- Tips Setting Karburator
- Atasi Rantai Kamrat Berisik
- Tips Memilih Ban Sepeda Motor
- Agar Kopling Motor Tidak Terasa Berat
- Tips Merawat Mio
- Tips Beli Sokbreker
- Tips Bikin Lampu Motor Lebih Terang